Home » » Hukum Murtad Dalam Islam

Hukum Murtad Dalam Islam

Written By aaa on 11.17.2012 | 16:40

Ketahuilah tida ada kenikmatan yang lebih besar kecuali hidup dan mati dalam agama Islam. Sampai – sampai seorang tabi’in mulia Abdulah Aliyah berkata “Sungguh Allah telah memberikan aku dua nikmat yang aku tidak mengerti mana yang lebih utama, Allah menjadikan aku seorang muslimin dan tidak menjadikan aku seorang yang khawarij (Sekte sesat dalam Islam).”

Maka wahai saudaraku jagalah dan peliharalah keislamanmu dan pertahankanlah hingga kau mati dalam islam. Hidup pada zaman yang penuh dengan fitnah bagi bagi para muslim. Mereka islam, ketika matahari terbit dan kufur ketika matahari terbenam. Ia menggadaikan Islam demi kenimatan dunia semata. Tak kala seperti sabda Rasulullah :

  Sesungguhnya akan terjadi fitnah seperti malam yang gelap gulita dimana ada seorang yang mukmin pada pagi hari tapi menjelang sore ia kafir dan ada pula yang yang waktu sore ia mukmin pada pagi hari dan tatkala fajar menyingsing ia pun menjadi kafir. Ia menjual agamanya dengan bagian kehidupan dunia. (HR. Muslim : 186)

   Maka pada kesempatan yang mulia ini akan kami ketengahkan hukum murtad menurut syariat islam sebagai bahan renungan buat semua saudara seiman, karena kita hidup banyak fitnah syubehat (kerancuan pemikiran) dan fitnah syahwat. Tidak jarang kita dengan dan saksikan langsung sebagian dari saudara kita  yang keluar dari agama yang benar (Islam) menuju jurang kekufuran, karena bisikan setan dari bangsa jin dan manusia yang menyesatkan . Semoga tulisan ini yang saya ringkas ini dapat memberikan faedah yang besar buat penulis dan semua kaum muslimin


       A.      Tidak ada agama yang sah kecuali agama Islam

Ketahuilah bagi kita WAJIB bagi kita memiliki keyakinan bahwasanya agama satu – satunya yang diterima disisi Allah adalah agama Islam. Allah berfirman :


Sesungguhnya semua agama selain agama islam tidak akan pernah Allah terima dan tidak akan memberikan faedah sedikitpun bagi pemeluknya berdasarkan keumuman ayat diatas, maka ini mencakup agama nasrani, Yahudi, Majusi, Budha, Hindu, dan semua agama yang ada maka Allah tidak akan menerima selain Islam.
Rasulullah bersabda :
“Demi zat yang jiwa Muhammad ada pada tangan-Nya, tidaklah mendengarku seorangpun dari umat ini apakah ia yahudi atau nasrani emudian ia mati dalam keadaan tidak beriman pada dakwah yang kubawa kecuali ia masuk penghuni neraka” (HR. Muslim : 216)
  1. B.      Mereka dengki, tidak ridha, dan sangat ambisius.

Allah berfirman :


C.      Arti Pokok – pokok kemurtadan
Murtad adalah orang yag keluar dari agama islam dan menuju kekufuran dengan perbuatan, perkataan, keyakinan (i’tiqad) dan keraguan.
Pokok kemurtadan ada empat macam yaitu
1.       Kufur dan syirik tanpa ada paksaan semisal mengucapkan ucapak kufur atau syirik baik senda gurau, main – main apalagi dengan sesungguhnya tentang Allah dan rasul-Nya atau memanggil mangil (minta tolong) kepada orang yang telah mati atau yang tidak ada dihadapannya dan lain sebagaiannya.
2.       Keyainan kufur dan syirik yaitu seseorang meyakini bahwa shalat lima waktu tidak wajib dan lain-lain.
3.       Perbuatan kufur dan syirik semisal menyembelih untuk selain Allah atau sujud pada kuburan
        4.     Keraguan dalam agama islam dan apa yang telah dibawakan oleh Rosulullah yaitu adanya     keraguaan apa yang telah dibawa oleh Rasulullah benar atau salah, apakah disana ada hari kebangkitan atau tidak dan lain - lain.


Share this article :
 
Support : Google | Facebook | Twitter
Copyright © 2011. Portofolio Ilham Abi Manyu | Official Webblog - All Rights Reserved
Template Development by Ilham Abi Manyu Create by Mas Template
Proudly powered by Blogger