Home » » Jilbab Bukan Mode

Jilbab Bukan Mode

Written By aaa on 6.19.2013 | 21:23


Alhamdullilah habis daftar ulang SNMPTN kemarin panas - panas, desak - desakan, seru sih namun namun sayangnya /sedih ngeliat banyak temen mahasiswi baru yang pakaian aneh - aneh, mulai dari kerudung yang dibuntel seperti lemper, kerudung yang tembus pandang sampe bisa liat dadanya, dan kerudung yang tipis banget :D

Tapi maaf saya bukan mata keranjang koq, situnya saja yang memakai hijab gak syar'i jadi keliatan aurat sana - sini. Nah semakin tua zaman ini semakin semakin memprihatinkan saja hanya menutup rambut saja menurut saya. nah saya akan coba bahas satu persatu - satu tata cara berjilbab syar'i sesuai aturan Islam.
  
Anjuran memakai Hijab (menutup Aurat bagi perempuan)

عليهن من جلابيبهن ذلكياايهاالنبى قل لأزواجك وبناتك ونساءالمؤمنين يدنينأدني أن يعرفن فلا يؤذين وكان الله غفورارحيما (الأحزاب 59)


Artinya:Wahai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang-orang mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk di kenal karena itu mereka tidak di ganggu.Dan Allah adalah maha pengampun dan penyayang. (Al Ahzab.59).
  • Jilbab Dan Kerudung itu berbeda. 

Arti kata jilbab ketika Al Quran diturunkan adalah kain yang menutup dari atas sampai bawah, tutup kepala, selimut, kain yang di pakai lapisan yang kedua oleh wanita dan semua pakaian wanita, ini adalah beberapa arti jilbab seperti yang dikatakan Imam Alusiy dalam tafsirnya Ruuhul Ma`ani. 

Imam Qurthubi dalam tafsirnya mengatakan "Jilbab berarti kain yang lebih besar ukurannya dari khimar (kerudung), sedang yang benar menurutnya jilbab adalah kain yang menutup semua badan".

Al Quran juga datang dengan kata lain selain kata jilbab dalam mengutarakan penutup kepala sebagaimana yang termaktub dalam An Nuur .31



وقل للمؤمنات ييغضضن من أبصارهن ويحفظن فروجهن ولايبدين زينتهن الاماظهرمنهاوليضربن بخمرهن على جيونهن…لنور.31)

Artinya: Dan katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman : Hendaklah mereka menahan pandangannya,dan memelihara kemaluannya,dan jangan menampakkan perhiasannya, kecuali yang biasa nampak padanya, dan hendaklan mereka menutupkan kain kudung di dadanya..(An Nuur. 31)


Nah sudah jelaskan tata cara berhijab yang benar, oke saya ringkas juga kalau belum ngerti sama sekali, aturan berhijab menurut islam.



  • Harus menutupi seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan
  • Harus panjang
  • Tidak diperbolehkan membentuk punuk dibawah kepala
  • Tidak membentuk tubuh, atau transparan
  • Tidak diperbolehkan menyerupai orang yahudi saat berhijab yaitu mengikatkan kerudung pada leher sehingga terlihat bentuk lehernya.
Nah setelah ini yang banyak kesalahan dari muslimin yang saya temui selama ini, mari saya bahas satu persatu.


  1. Berpunuk dibelakang kepala.


Melanjutkan Artikel (01/29/2014), karena sempet baca tentang blog yang hampir samalah peduli tentang realitas kaum hawa dan tuntutan syar'i.

Berikut ini saya terinspirasi oleh artikel mas Dani Siregar yang dimana ikhwan menyebutkan dengan jelas dan tegas



UPDATE - Saya (Dani siregar) sudah melakukan penelitian lebih lanjut. Ternyata penampilan seperti ini mutlak tidak boleh.Dilema Hukum hijab Jilbab Style Gaul dan Gaya Modern dalam islam apakah boleh halal haram
Tapi tetap saja, yang namanya konsep berjilbab itu 'kan semuanya tertutup kecuali wajah dan telapak tangan. Dan di hadist lain, ada tambahan meski tertutup, jangan ketat. Nah, ini dia tapinya. Tapi terkadang ada 'jilbab style gaul dan gaya modern' satu paket dengan buka-bukaan serta ketat-ketatan yang tidak memenuhi konsep itu. Iya seperti yang dibahas di catatan senior saya, fondasinya bukan agama. Tapi fashion. Berikut gambar-gambar yang saya dapat dari blog Abu Fadh Negara Tauhid di artikel lainnya:

Dilema Hukum hijab Jilbab Style Gaul dan Gaya Modern dalam islam apakah boleh halal haram
Sabda Nabi tentang 2 golongan dari penduduk Neraka yang belum pernah beliau lihat pada zamannya ternyata benar 2 golongan itu muncul pada zaman ini, yaitu :
1. Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia
2. Para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggaklenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti ini tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, padahal baunya tercium dari perjalanan sekian dan sekian (Lihat Hadits Shohih Muslim No. 2128)
Hiii! Bayangkan itu. Padahal pada hakikatnya semua muslim dan muslimah bakal masuk syurga. Meski dia ada dosa, nanti dibersihin dulu di Neraka selama sekian waktu. Setelah bersih, baru dia masuk ke Syurga. Tetapi tidak untuk dua golongan ini. Yaitu, satu, pemimpin yang zhalim. Dua, wanita yang tidak beres mengurusi auratnya. Jangankan masuk Syurga, mencium baunya saja tidak. Parah bener! Parah! Parah! Parah! Mirip seperti orang kafir dong? Pantas saja katanya penghuni neraka itu lebih banyak perempuan.
Dilema Hukum hijab Jilbab Style Gaul dan Gaya Modern dalam islam apakah boleh halal haram
Hm, kalau mengingat saudara-saudara dan teman-teman serta kenalan saya, terus ngelihat gambar ini, rasanya saya mau nangis. Terutama yang di sudut kanan atas. Sedih dah. Betul!

Dilema Hukum hijab Jilbab Style Gaul dan Gaya Modern dalam islam apakah boleh halal haram


Dilema Hukum hijab Jilbab Style Gaul dan Gaya Modern dalam islam apakah boleh halal haram

Dilema Hukum hijab Jilbab Style Gaul dan Gaya Modern dalam islam apakah boleh halal haram
Dilema Hukum hijab Jilbab Style Gaul dan Gaya Modern dalam islam apakah boleh halal haram

Melihat satu gambar yang ada di atas ini, saya rasa tulisan Jilbab. Fashion atau Agama? senior saya sangat sangat ada benarnya juga. Ini penampilannya mirip dengan perempuan yang biasa ada di film Hollywood gitu.  Hanya saja, pakai jilbab dan kulitnya tidak diperlihatkan secara langsung.
Dilema Hukum hijab Jilbab Style Gaul dan Gaya Modern dalam islam apakah boleh halal haram

Suami mana yang suka kalau istrinya digodain pria Lain? Apalagi kalau istrinya itu sendiri yang minta digodain. Sakit hati dah sang suami. Sakit hati. Sakiit. Menurut saya begitu.

Oh iya, sehubungan dengan gambar di atas, ada juga artikel dari Ibunda Lafhy yang berjudulMerapikan Facebook. Artikel tersebut bisa jadi satu paket dengan artikel ini. Anda harus membacanya juga. Sudah? Bila Anda sudah membacanya, terutama soal foto yang menjulurkan lidah keluar, nah, memangnya yang menemukan pose tersebut siapa? Orang kafir bukan? Atau ahli maksiat? Wallahu a'lam. Ini bisa erat kaitannya juga dengan tulisan senior saya tadi. Kita dipengaruhi tanpa sadar. Kita terlalu suka mengikuti dan meniru sesuatu hanya karena populer dan tanpa tahu sesuatu itu baik atau tidak.

Padahal, iya kita itu harus tahu ilmunya dulu. Kalau tidak:
  • Ibarat ingin jadi pinter, tapi malah dateng ke orang idiot untuk minta diajarn jadi pinter, iya jadinya sesat.
  • Ibarat ingin jadi kaya, tapi malah dateng ke orang miskin untuk minta diajarin jadi kaya, iya jadinya sesat.
  • Ini, mau berjilbab, minta diajarin sama yang nggak ngerti agama. Iya jadinya sesat.
Coba, bagi yang laki-laki, apakah ada hasrat seks Anda naik sekian % ketika melihat lekukan tubuh perempuan seperti pada gambar di atas? Meski hasrat itu hanya 0,0000.... %, ada muncul nih! Karena itulah fitrahnya laki-laki. Apalagi yang mental penahan hasrat seksnya lemah dan malah sering dimanja.

Berarti perempuan yang melestarikan hal ini sama dengan perempuan yang melestarikan project, "Ayo Lestarikan Pemerkosaan!" Loh kok gitu? Iya jelas. Karena mendukung salah satu faktor terjadinya pergaulan bebas. Itulah yang namanya proyek penaikan hasrat laki-laki. Bagi Anda yang perempuan, Anda boleh mendatangi laki-laki yang paling jujur dan tanyakan tentang kenaikan hasrat hal ini padanya. (Untung saja kebetulan yang muhrim itu biasanya tidak berhasrat dengan muhrimnya)

Dilema Hukum hijab Jilbab Style Gaul dan Gaya Modern dalam islam apakah boleh halal haram

===========================================================
Sebuah penjelasan yang sangat mendalam dari Mas Deni Siregar, berikut juga ini wujud keprihatinan saya terhadap apa yang telah terjadi dikalangan kaum muslimin, kurangnya pengetahuan tentang akidah merupakan wujud klimaks dari masalah berhijab.

Share this article :
 
Support : Google | Facebook | Twitter
Copyright © 2011. Portofolio Ilham Abi Manyu | Official Webblog - All Rights Reserved
Template Development by Ilham Abi Manyu Create by Mas Template
Proudly powered by Blogger