Home » » Meminimalisir Dampak Negatif Internet

Meminimalisir Dampak Negatif Internet

Written By aaa on 3.30.2012 | 08:28

Internet bagaikan dua mata pisau yang begitu runcing. Setelah saya mengenal internet saya kini tahu bagaiamana dampak itu bagi saya, ada postifnya sih. Namun juga ada banyak negatifnya. Ternyata dari sekian peristiwa saya mengetahui istilah kata “Banyak” dalam dampaknya tergantung dari pribadi dan individu masing – masing dalam menggunkan internet. Bagaimana kita memanfaatkan kecanggihan dunia ini. Selain itu penyedia jasa alayanan internetpun juga menganjurkan demikiaanya.   
Dalam konfresi pers dengan Bapak Mas’ud selaku General Management Flexi yang diadakan di Kediri mall (24/03) mengatakan “Jangan kalian tidak tahu apa itu internet, tapi jangan juga kalian terlalu asyik berinternet ria sehingga kalian melupakan kewajiban kalian”. Beliau juga berpesan   untuk menjadikan internet sebagai guru kedua, “Jika kalian tidak tahu jari aja di mbah Google, itu bisa menjadikan guru kalian jika guru disekolah tidak ada”. Pesan beliau dalam konfrensi.
Banyak sekali cara untuk memperkecil dampak negative dari penggunaan internet. Ini beberapa tips sederhana yang dapat kalian lakukan untuk memperkecil efek negative internet.  
  • Gunakan internet seefisien mungkin jangan kalian setelah mendapatkan sesuatu lalu karena tidak ada kerjaan membuka situs – situs yang dilarang. 
  • Buatlah daftar pencariaan, hehehe kalau belanja daftar isi kalau internet ya daftar pencariaan agar tidak lupa sewaktu surfing didunia maya, karena memang didunia maya banyak sekali yang menarik mata untuk dilihat.  
  • Sesuaikan isi dompet yang ada bro jangan terus ada uang terus dihabiskan untuk berinternetan hingga lupa waktu. Dan yang terpenting jaga waktu dan jaga Iman. Jangan sampai kita terjerumus ke dampak negatif internet yang akan sedikit demi sedikit merugikan keuangan pribadi, waktu, dan tentunya moral. Karena moral anak penerus bangsa ini sangat diperlukan bagi kelanjutan bangsa Indonesia.
Bagi kalian para orang tua jangan kalian melepas buah hati kalian dalam melakukan kegiatan didunia maya entah itu browsing, chatting, ataupun mengunduh sesuatau dari internet, karena jika anak sekali tahu kenikmatan dunia maya mereka akan terus melakukannya berulang – ulang. Maka dari itu orang tua juga harus mengontrol agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan toh itu juga tugas orang tua. Bagaimana kalau orang tuanya tidak tahu teknologi?, Orang tua harus minta tolong  kepada orang yang lebih mengerti teknologi dan tentunya dapat dipercaya, untuk  tahu gadget yang dibawa oleh buah hatinnya berisikan konten – konten apa saja. Layak atau tidak untuk dikonsumsi sang buah hati dalam kehidupan sehari - hari?.
Nah itu sedikit tips yang dapat saya berikan untuk menanggulangi internet dari penglaman saya. Bahkan Bapak Mas’ud  selaku pemilik jasa layanan internet mengenjuakan demikian untuk para pelanggannya.


Untuk lebih spesifik pengguna internet dibedakan menjadi 2 yaitu penguna internet pribadi dan pengguna internet umum.

                A.Pengguna Internet umum.
Pengguna internet umum adalah penggunaan layanan internet secara masal yang dilakukan oleh lebih dari satu orang, biasannya penggunaan internet umum dilakukan di Warnet, Internet perusahaan, Layanan WiFi, dan masih banyak lagi. Untuk meminimalisir penggunaan internet secara umum ini dia tips - tipsnya.
1.       Gunakan seperlunya saja.
2.       Buat rencana pencariaan sebelum browsing.
3.       Ingat penggunaan PC yang berlebihan membuat PC anda mudah rusak.
4.       Batasi pandangan lansung ke layar PC secara terus menerus, hal ini akan membuat mata anda akan mudah panas, iritasi, dan gangguaan safaf lainnya.
5.       Ingat dimana anda berada, jangan sampai menggangu keberadaan orang lain dengan kehadiraan anda yang terus menerus ditempat layanan internet seperti di restoran, Mall maupun tempat umum lainnya.
6.       Gunakan sesuai Etika yang ada, jangan mengaganggu kenyamanan orang lain dengan memutus jaringan (Netcut), ataupun menghack billing warnet.

B. Penggunaan Internet Pribadi
Penggunaan Internet Pribadi adalah penggunaan layanan internet secara eksklusif kepada personalia. Untuk dampak jelas lebih banyak kepengguna internet pribadi karena memang tidak terbatas oleh waktu dan lebih leluasa browsing, berbeda dengan pengguna internet umum karena harus ada orang yang berlalu lalang ketika menggunakan layanan internet.
 Inilah sedikit tips yang yang dapat saya bagikan dan sedikit masukan dari pengunjung blog saya.
1.       Perkuat Iman dan Taqwa sipengguna.
2.       Pasang software Nawala untuk mencegah akses situs – situs negatif.
3.       Pergunakan layanan internet seperlunnya.
4.       Ingat kewajiban  dan jangan lupa waktu.
5.       Ingat dampak dari kesehatan yang ditimbulkan dari penggunaan panca indra secara berlebihan untuk mengoprasikan PC/Gadget.
Sedangkan penggunaan internet lebih didominasi oleh pengguna internet Umum, dimana perolehan grafik penggunaan internet diwarnet mendominasi.
Targeting Keyword On Google.co.id "Meminimalisir Dampak Negatif Internet"
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

Minggu, 08 April 2012 pukul 22.56.00 WIB

mental dan iman yang kuat adalah kunci agar kita terhindar dari dampak negatif dunia maya..nice share gan,salam kenal

Selasa, 10 April 2012 pukul 21.39.00 WIB

wah makasih gan masukkannnya...!!

Posting Komentar

 
Support : Google | Facebook | Twitter
Copyright © 2011. Portofolio Ilham Abi Manyu | Official Webblog - All Rights Reserved
Template Development by Ilham Abi Manyu Create by Mas Template
Proudly powered by Blogger